image1

HELLO I'M ADAM AZKIYA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|ENJOY MY RANDOM FEED! :)

Mau bikin Stripping Motor sendiri?

Mau tau?

Kucing Adam Azkiya

      Pernah merasa kesepian? Handphone ngebangke? Tab mention sepi? Di Facebook cuman ada notif yang isinya Invite-an untuk bermain game doang? Yaelah bro udah ga jamannya ngerasa sepi, Daripada ga ada kerjaan sama sekali mending mencoba berkreatifitas dengan segala sesuatu yang yang ada, contoh ketika lagi ngerasa kesepian gue coba  baca manga online tapi gue berusaha  jangan sampe ketahuan Manager, kreatif kan?

Tapi sebenernya bukan itu sih maksud gue, gini deh gue seperti biasa bakal cerita tentang pengalaman gue sendiri, kali ini gue bakalan bercerita dalam hal yang berbau Computer Grafis dan Sticker, kali ini gue bakalan sharing dalam hal Modif motor! Jangan lu bayangin gue megang beberapa set kunci dan obeng sambil oli dimana mana, lalu gue keringetan gara gara ngebongkar motor, ga ga ada disini!

      Melainkan hanya ada gue duduk manis di depan komputer dengan sebuah penggaris 30cm, gunting sama camera handphone doang, gue kadang suka mikirin sesuatu yang ga mainstream tapi gue yakin gue bisa ngelakuin itu, ya intinya sih daripada gue ‘Nothing to do here’ banget, sambil kesepian gitu kan gabanget, terkadang gue ngerasa bersyukur sebagai jomblo yang waktunya tidak ternodai, kaya temen gue yang waktunya ternodai dengan handphonennya dan gue liat dia lagi whatsappan gitu dengan chat-chat ga jelas sama sekali, mungkin dari efek sticker anti spy nya kali ya.

Oke kembali ke sebuah kreatifitas, 

Apa yang memotivasi lu untuk kreatif?

Gif Adam Azkiya

      Sebenernya gue juga ga bisa jawab sih sama pertanyaan itu wkwkw, entahlah sulit banget di ungkapin lewat kata kata, gokil aja sih kreatifitas itu kalau kata gue, dan dengan kreatifitas gue ga terlalu money oriented, gue punya kepuasan tersendiri dengan sebuah karya seni, dan gue seneng banget kalau dapet apresiasi dari orang lain, mungkin itu kali ya motivasi gue? baik engga sih kalau kelakuan gue gitu? oke skip, kita bahas nanti.

      Nah jadi gini, gue jadikanlah motor pertama gue (sebenernya ini bukan motor pertama gue sih, ini motor bekas babeh dan pake duit beliau juga) yaudah gini aja deh, gue afirmasi.
 
       Nah gue jadikanlah motor mantan babeh gue ini sebagai Motor percobaan, motornya udah dikasih nama dari pabriknya Namanya Vega R tahun 2005 kali ya kalau ga salah, mungkin lu tau kan gimana penampakan motor itu, yang jelas warnanya Item, gue ga pernah narsis narsisian ber foto ria sama motor itu sebelumnya
.
 
Well, inilah yang bakalan gue lakuin


       Gue emang berencana bikin Stripping (Striker motor) sendiri, dengan 1 tema tiap sisinya, jadi total 2 tema, tema kiri Iron Man tema kanan Spurs, kembali lagi sama motivasi gue, gue pengen orang lain lebih mengenal gue sebagai seorang Yiddo! (nama supporter Spurs) sebenernya gue sombong ga sih kalau gini caranya? Tau ah, stikernya udah terlanjur jadi hohoho.


Singkat cerita di awal bulan (setelah gajian)  tanpa banyak mikir, gue mulai meralisasikan ide gue.


1.       Gambar Stripping
      Gue Browsing layout stripping motor Vega R itu seperti apa, yang nantinya dijadikan blue print untuk desain gue, akhirnya gue nemu tuh Stripping meskipun aga susah nyarinya karena banyak bagian strippingnya yang engga full mungkin juga gara gara motor lama jadi langka, step ini masih dibilang gampang sih sebenernya, setelah ketemu save as deh itu gambar
 
  Done!


2.       Stripping Asli
“Berapaan ini Stripping Vega R bang?”
      Sepulangnya dari kantor gue langsung hunting Stripping motor, gue cari di emperan aja yang murah ya spekulasi gue sih palingan cuman 25rb an yang kualitasnya di bawah, karena gue juga ga akan make itu stripping, gue cuman beli stripping itu buat djadiin dummy buat skala, nyocokin skala stripping yang asli sama skala stripping yang barusan gue download dari internet.

“45rb.”
“hah berapa bang.”
“45.”
Tenang gue kan orang kaya
“Kurangin lagi lah bang dikit lagi, 20rb lah!” lah orang kaya masih nego aja
“Apaan 20rb, Ga bisa, Palingan 40rb.”
“Yaudah deh, deal.”

Step ini gampang juga, lu cuman butuh modal duit doang buat beli stripping.
Gue bawa stripping ke rumah sambil meratapi harga, ga apa-apa deh yang penting gue punya sampelnya
Desain Stripping Motor Vega R Adam Azkiya


Done!


 ***
*Next day

      Gue bawa bekel nasi dari rumah, biar gue ga ngeluarin duit buat makan siang, karena gue sadar pengeluaran gue bulan ini bakalan banyak, salah satunya buat meralisasikan ide gue

Hari ke-2 kreatifitas mulai di uji


3.       Skala & Vector

      Sebelumnya gue foto dulu Stripping yang gue beli kemaren buat dijadiin patokan ukuran aslinya, gue foto bolak balik, setelah fotonya ke ambil gue masukin fotnya ke dalem komputer (FYI gue dateng ke kantor pagi-pagi buat sempet foto strippingnya lalu gue ngedit diem diem tanpa sepengetahuan manager gue, jangan bilang bilang ya! muehehe) ga sempet sih gue ngedit di rumah, yang ada bawaannya ngantuk terus dan pengen istirahat ketika pulang maghrib, alhasil gue lebih fresh ngedit pagi pagi di kantor.

      Gue buka Corel draw, gue insert foto stripping tadi tanpa di resize sama sekali, lalu gue ikutin bordernya hingga jadi vector utuh, kenapa gue dibikin vector dulu sebelum langsung bikin desainnya langsung di Photoshop? Lebih enak aja sih, jadi kaya bikin canvas kosong aja yang berbentuk pola stripping itu sendiri dan sentuhan terakhirnya ada di Photoshop.

Desain Stripping Motor Vega R Adam Azkiya


      Sebelum ke Photoshop gue ukur sekali lagi, ukur stripping yang di motor pake penggaris, lalu samakan dengan ukuran gambar yang di Corel, ukur salah satu bagian stripping aja panjang dan lebar nya, karena kalau salah satunya udah bener pasti yang lainnya juga bener, hati-hati tahap mengukur ini salah satu bagian penting.

      Setelah jadi vectornya, lalu export menjadi jpeg, langsung import ke Photoshop dan disitulah kreatifitas berperan lagi, kalau lu suka bikin kaya poster atau banner gitu pasti gampang kok desain content tiap bagian stickernya, untuk desain stripping kali ini gue lebih mentingin tema warna, gue pengen warna dominan stripping yang di buat sama kaya warna helm gue “Putih – Orange”

Desain Stripping Motor Vega R Adam Azkiya


Oh ya lu mesti tau kedepannya, kedepannya tuh apa? Percetakan.

       Tentang percetakan strippingnya juga, loh kok ke percetakan sih? Iya lah ke percetakan buat ngeprint strippingnya, dan biar cepet juga, gue juga udah berusaha untuk ngeprnt pake printer gue tapi ternyata ga berhasil, susah, syukur syukur kalau lu bisa, jadi tinggal beli kertas stickernya aja.

       Kurang lebih di percetakan tuh minimal pemesanan kan 1Meter x 1Meter, jadi pinter pinter kita aja, usahain rapihin potongan stripping jangan lebih dari 1Meter x 50cm jadi biar bisa dibuat 2 paket Stripping, kan lumayan daripada spacenya kosong dan toh harganya juga sama.

      Editing selesai dan gue butuh waktu seharian untuk ngedit ini doang, sampe sore, tadi gue udah sempet makan kok cuman ga di ceritain aja disini.

Hari ke-2 beres,




4.       Cetak!


      Percetakannya buka jam 10, sebelum ke percetakan gue copy dulu hasil editan kemaren yang udah di save as ke Jpeg, gue ga akan bawa psd nya, demi keamanan negara.



      Gue jujur bilang ke manager gue buat ke percetakan untuk ngeprint hasil editan gue, ah sebentar palingan cuman 10-15 menit, lagian jarak percetakannya ga jauh dari kantor gue.



      Setelah gue masuk ke tempat percetakan dan setelah gue ngantri di tempat tunggu gue sedikit berbincang dulu dan menegaskan bahwa gue nyetak ini bukan buat baligho partai, ini bukan banner kantor juga, tapi ini adalah Stripping motor yang gue buat sendiri dan pengen di print di kertas sticer.



“Mau yang bahan indor atau outdor?”

“Yang tahan cuaca panas sama ujan kayanya outdor ya mbak?” yang jagainnya cewe loh!

“iya outdor.” Tapi jutek, pffffttt

“yaudah outdor.”

“Glossy atau Dop?”

“Dop aja deh.”

“bahan Sticernya yang mana?”

“Jelas yang paling bagus dong mbak.” Dengan mantap gue jawab

“Jadi kamu udah berapa lama jomblo?”


Jangan percaya, ga ada pertanyaan gitu, yang ada si mbaknya nyuruh gue buat langsung bayar di kasir

gue duduk dengan santai di kursi kasir
“berapa semuanya mbak?” cewek lagi dong ini, tapi ibu-ibu, tapi pake iphone, gaya ya? Emang
“110rb rupiah.”
Dafuk mahal jugaaaa “Bisa kurang engga mbak?”
“engga bisa.”

      Yah tanpa banyak cingcong lagi gue deal juga, katanya besok pagi udah bisa di ambil, dan saat itu gue langsung bayar full, ga ada DP, santai dibilangin duit gue masih banyak.


Gif Adam Azkiya

Hari ini cepat sekali berlalu,

  Bersambung yah?

Lanjut kesini ->  Masih bikin stripping Motor sendiri



Cara membuat striping motor - cara membuat striping motor sendiri - bikin striping motor - cara desain striping motor - cara membuat stiker motor sendiri - desain striping motor

Share this:

CONVERSATION

52 comments:

  1. Kalau merasa kesulitan koment aja bro :>)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Bagaimana cara menyesuaikan striping yg msih vector sma ukuran aslinya om?

      Hapus
  2. Gimana cara masuk in gambar/foto ke dalam ukuran malmal steipping motor??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ngerti bro pertanyaannya, coba jelasin aga panjangan dikit hehe

      Hapus
  3. tolong desain striping buat saya bisa kak?

    BalasHapus
  4. enak dibaca, ga bikin stress. mantab.....

    BalasHapus
  5. Kalo bikin vektor pakai foto motornya bisa bang ?? soalnya di pasaran blm keluar striping yamaha r15 yg murah... [-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya harga sih segitu-segitu aja, yang mungkin dimahalin itu harga design atau harga pas marketingnya karena liat client.

      Hapus
  6. gmana caranya mau modifikasi striping motor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Modifikasi? ini kan modifikasi juga, design sendiri aja.

      Hapus
  7. barusan dari blog sebelah...carabikin mal striping motor..simpel sih...http://mrstiker.com/blog/tutorial-membuat-pola-stiker-motor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah gokil juga tuh tipsnya, modal tape gitu buat ngejiplak polanya, bisa banget buat dicoba :D thanks!

      Hapus
  8. Om mnta aplikasi potoshopnya dong kirim k email nandaapriliantoni95@gmail.com ya ;)mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. What?? download disni aja http://ad4msan.com/adobe-photoshop-cc-2015-1-2

      Hapus
  9. cara ngukur di corel biar ukuran nya sama ama yg aslinya gmn om

    BalasHapus
  10. cara ngukur di corel biar ukuran nya sama ama yg aslinya gmn om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aga ribet sih tahap pengukuran skala di design sama di motornya, gue masih pake teknik lama, taunya ada cara yang lebih ampuh, yaitu di jiplak pake hvs, atau download aja deh langsung master filenya.

      Hapus
  11. Download Striping Motor Vega R Gratis!

    http://blog.adamazkiya.com/2016/03/download-striping-motor-vega-r-gratis.html

    BalasHapus
  12. cara downdload master file nya buat old vixion/vixion 2010 gimana mas ?

    BalasHapus
  13. cara downdload master file nya buat old vixion/vixion 2010 gimana mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download master file Vixion? adanya Vega R doang sih, coba di cek di postingan yang baru, disitu ada link downloadnya.

      Hapus
  14. terima kasih banyak mas

    BalasHapus
  15. punya pola buat mio ga mas ? atau ngga mungkin mas nya tau ukuran panjang sama lebar nya

    BalasHapus
  16. Tolong bikinin pola stiring nya tiger bro mohon bantuannyaa (((;

    BalasHapus
  17. Ariif Akbaar21 Juli, 2016

    Mas minta file corel drawnya dong. Soalnya saya gk ada corel drawnya. Cuma ad photoshop doang. Lewat gmail aja mas di rievinward@gmail.com. mohon bimbingannya mas :(

    BalasHapus
  18. kalau sempel stripping nya pake gambar unduhan dari net bisa ng gan?

    BalasHapus
  19. bro , klo vector ekstensinya.jpeg ngaruh gak dengan hasilnya? soalnya kan pola nya saya buat asal aja tuh ukurannya , because gak tau ukuran asli pola nya. INFO nya BROOO !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. .jpeg bisa kok, asal ukurannya real dengan yang asli pas di export.

      Tapi lebih bagus lagi kalau ngasiin file designnya pas ke percetakannya.

      Hapus
  20. Makasih broo atas idenya 👍
    Ga rugi ane buka ini blog .. wkwk

    BalasHapus
  21. Mantap gan terima kasih !! selama ini saya hanya tahu lewat photoshop saja ..... :)

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, tracing Corel/Illustrator lebih enak :)

      Hapus
  22. Kerenn.......Yang ingin tahu cara membuat seperti ini di photoshop silahkan lihat Cara membuat stripping motor dengan photoshop

    BalasHapus
  23. Itu berarti ukur stripingnya langsung di bodynya ya?

    BalasHapus
  24. Itu berarti ukur stripingnya langsung di bodynya ya?

    BalasHapus
  25. Knpa milih yang doff broo..
    Bagus ya yang doff bro ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu bahan stickernya, yang doff juga bagus kok, ane ga kepikiran aja waktu itu.

      Hapus
  26. Bang minta tolong dong bang • apa namanya itu yg klo kita ingin membuat sticer di komputer bang • apa nama apk nya bang • saya mau belajar nih terlanjur ada komputer yang lama ngga di pke heheh

    BalasHapus
  27. Bang, bahan stikernya waktu cetak itu apa?
    Vinyl atau scotlite

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa ya, ga tau sih itu default sticker dari percetakan aja.

      Hapus
  28. decal buat satria fu bang kirim ke hengkyscs@gmail.com

    BalasHapus
  29. Ini buat perangkat pc ya bsng

    BalasHapus
  30. Wew 2014-2017 seperti sekolah saja seharusnya sudah paham yg bertanya di th 2014 😂😂😂😂

    BalasHapus
  31. Bang saya sudah punya template decalnya tp buat ngujut biar sama kaya di motor nya gmn bang? Mohon pncerahannya

    BalasHapus

Makasih banyak yang udah mau komen (≧◡≦)