image1

HELLO I'M ADAM AZKIYA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|ENJOY MY RANDOM FEED! :)

Belajar Jadi Wirausahawan Muda ahhh

Pernah ga sih kalian kepikiran untuk merencanakan bisnis gitu? untuk jadi seorang wirausahawan, terutama menjadi wirausahawan muda?

      Cita-cita ini nampaknya muncul lagi dalam diri gue, untuk menjadi seorang suami dari Chelsea Islan. *plakk*

     Jual beli online semakin marak pada saat gue lulus SMK, bener-bener terasa atmosfir para wirausahawan muda yang berlomba-lomba menjajakan dagangannya, mulai dari sepatu hitam hingga bukan sepatu, ataupun sepatu hitam.

       Temen-temen gue salah satunya, sebenernya ga salah satu sih, tapi banyak, ada yang berjualan sambil kuliah, ada yang jualan online juga sebagai sampingan kerjaan primernya, dan terakhir orang yang fokus berjualan online.

     Tanpa sadar jiwa wirausaha gue muncul lagi ke permukaan, setelah sempat karam karena mempunyai fokus yang berbeda, yaitu ingin membuat sebuah buku, tapi di draf pertama gue udah gagal, gue harus banyak latihan menulis lagi, sekarang udah punya premis lagi kok untuk planning buku pertama gue v.2.0, tinggal berusaha komitmen lagi. hehe mudah mudahan.

Kembali ke wirausaha

      Sebenernya jadi seorang penulis pun bisa dikatakan berwirausaha, sama halnya kali yah seperti kuli desain grafis, gue sekarang merencanakan lagi untuk mempunyai outlet distro sendiri, wesss.

      Mungkin gue emang memiliki jiwa enterpreneur sejati, contohnya, gue adalah manusia nokturnal, engga tidur semaleman gue bisa, tapi kalau gue tidur pas udah subuh, bangunnya pasti ga bakal jauh sebelum adzan Dzuhur, kalau gue  tidur jam 10an, tetep aja gue pengen tidur lagi sehabis sholat subuh.

     Sehingga kalau gue punya kepribadian gini ga bakalan cocok gue kerja monoton yang setiap hari ngerjain itu-itu aja dan disiplin kaya sekolahan, masuk jam 07.00, tapi waktu dulu untungnya kerjaan kantoran gue yang selama 1 tahun menghidupi  biaya kuliah kelas karyawan gue masuk kantornya jam 09.00, kan lumayan,  wakakak ga pagi-pagi amat.

      Intinya gue butuh jam kerja fleksibel, fleksibel belum tentu kualitasnya kalah sama kerja yang mirip papan triplek, flat

     Ditambah gue yang senang dengan aplikasi Corel dan PS, ingin sekali menyalurkan hobi ini menjadi sebuah usaha yang berbentuk fisik dan bisa di raba, ya contohnya hasil desainnya dibikin kaos, akan punya kesenangan tersendiri ketika melihat hasil desain gue bisa jalan-jalan sendiri, ga cuman bisa diliat di layar monitor doang.

     Waktu SMK dulu gue pernah kok belajar produksi kaos dengan desain sendiri, untuk dijual kepada teman-teman di sekolah.

Kaos Distro
Penampakan wajah gue 2 tahun yang lalu

Adam Azkiya
Dijajakan di acara buka puasa bersama di sekolah
      Iya waktu SMK gue seneng banget sama yang namanya ngedesain gambar, terus sama yang namanya usaha menghasilkan uang, apapun usahanya, asal jangan kerjaan yang membutuhkan tenaga besar, kalau bisa sih gue pengen duduk doang sambil gerak-gerakin mouse dan mencetin keyboard tapi menghasilkan uang, hehehehe

Hehehe

He
( ._.)

      Akhir-akhir ini banyak usaha yang sudah gue lakuin untuk mewujudkan impian gue itu, gue harus percaya dan gue bakal coba terus sejauh mana kemampuan gue dalam bidang yang bakal gue tempuh ini.

Kemaren Rabu gue keliling Bandung seharian, ngamen.

Maksudnya gue keliling ke 4 Lokasi: Arcamanik – Suci – Sukajadi – Cimahi

     Dari jam 09.00 – 18.00 Ada 7 konveksi yang gue singgahi, masing masing lokasi 1 konveksi, kecuali di Suci gue dapet 4 tempat, karena disitu sarangnya percetakan dan konveksi.

     Masa tenang sebelum UAS  gue manfaatin untuk ketemu calon partner bisnis, untuk mempersiapkan bertemu calon mertua, jiaaaahhh.

      Intinya sih nanti (kalau jadi) yang bakal di jagokan dalam usaha kaos gue adalah desainnya, desain berupa vector wajah (Pemain Tottenham dan tokoh Marvel) dan desain seputar hobi desain grafis dan kepenulisan. Semuanya bertema Flat desain.

       Berhubung gue udah lama ga menggeluti dunia corel, mulai sekarang waktu menulis gue terbagi oleh latihan gue untuk bikin vector lagi, kalau udah bikin banyak desain yang pas, tinggal usaha gimana cara dapetin modalnya deh. Hehe

      Mau gimanapun hasilnya, gue tulis dulu aja deh blogpostnya sebagai saksi perjuangan gue suatu saat nanti, kawan-kawan, mohon doa restunya ya atas Chelsea Islan, maksud gue untuk usaha gue di dunia kaos ini, gue pengennya jalanin usaha kaos, dan juga bikin buku, dua-duanya biar asik, tapi gue tetep berdoa sama Allah, semoga gue dapet yang terbaik, apapun hasilnya stelah gue coba semaksimal mungkin, gue bakal terima.

Sekian dan terimakasih, 
buat yang sudah berwirausaha semoga makin sukses!

Atau yang  pengen berwirausaha juga, ayo kita action bareng bareng :D

Semangaaaaaaaaaat!!





 Best Regards,
Freak Nose
Adam Azkiya

Share this:

CONVERSATION

18 comments:

  1. wirausaha emang jalan paling terang yang bisa ditempuh lulusan SMK, gue juga lagi berwirausaha kecil-kecilan. Sukses terus lah mas adam!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap! seorang lulusan SMK yang sedang kuliah kelas karyawan hihi

      Waaaah, makasih banyak loh Fer, lu sukses juga yaaaa! cheer

      Hapus
  2. wah dam. semangat muda lo bergejolak. semangat ya, lo pasti bisa jadi wirausaha muda
    keren tuh desain desain lo pas smk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiiin, iya nih Ga nampaknya sedang bergejolak buat nabung nikah nanti *eaaaa :))

      Tapi sampai sekarang dsain-desain itu belum di produksi lagi Ga

      Hapus
  3. wah, Hebat banget
    gue juga suka wirausaha
    btw ngefans raditya dika ya? samaan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gue ngefans Fi :d
      Gue rasa sih Radith punya personality yang sama dengan gue, wakakakak

      Kalau lu kenapa ngefans sama dia?

      Hapus
  4. waaah kreatif dan mandiri banget yaa mau rencana bikin wirausaha sendiri. kereen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berusaha ga malu-maulin di depan camer Za =p~

      Hapus
  5. kaosnya keren! semoga entar konveksinya laku dipasaran.
    bukan masalah designya bang yang dipikirin, tapi masalah apa marketnya ada? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah mikirin marketnya kok dengan desain yang ada,

      Btw Makasih loh udah ngasih saran! (h)

      Hapus
  6. ayo ayo... hajar Dam... coba semua kemampuan yang dipunya.... desain, nulis, wirausaha, ngegaet chelsea... eh tapi jauhi Raisa ye... :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya ya, tanpa sadar gue terlalu banyak memilih antara Chelsea dan Raisa, waaaah pilihan yang berat Haw, waaaah

      Hahahahaha, parah nih komen =))

      Hapus
  7. keren dam! kebetulan gue kerja di perusaan trading tekstil, kalo butuh-butuh soal kain lo bisa ke kantor gue *promosi banget *plaakk

    BalasHapus
  8. aku pernah jualan di kampus, trus ada temen yg bilang gini "kuliah jauh-jauh kok malah jualan". Piye perasaanmu mas? langsung ciut seketika semangat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kelak jika ada perkataan seperti ini bisa membuat tekad saya lebih kuat (c)

      Hapus
  9. wahh,,semangatt semoga kelak ke depan usahanya lancar jaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah kamuh baik hati sekalih, amin :)

      Hapus

Makasih banyak yang udah mau komen (≧◡≦)