image1

HELLO I'M ADAM AZKIYA|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|ENJOY MY RANDOM FEED! :)

Proyek Sampingan Itu Penting (Buku: Steal Like An Artist)


“Hal yang kamu lakukan sewaktu menunda mungkin seharusnya kamu tekuni.” – Jessica Hische

Berlatih Penundaan Produktif

  Satu hal yang kupelajari dari perjalanan karierku: Proyek sampinganlah yang sesungguhnya berpotensi. Proyek sampingan yang kumaksud adalah ketika kamu mengira harnya bermain-main. Kegiatan tanpa beban, Itulah yang bagus sebenarnya. Saat itulah keajaiban berlangsung.

     Kupikir ada baiknya mengerjakan beberapa proyek sekaligus supaya kamu tidak bosan. Swaktu jenuh di satu proyek, Kamu bisa pindah ke yang lain bila itu juga membuat jemu, kembali ke proyek yang kamu tunda. Berlatihlah menunda secara produktif.


      Nikmati saat bosan, Pernah kudengar seorang rekan kerja berkata, “Kalau terlalu sibuk, aku jadi dungu.” Itu benar, Orang-orang kreatif butuh waktu untuk duduk saja tanpa melakukan apa pun. Beberapa ide terbaikku muncul ketika aku jenuh. Oleh karena itu , kemejaku tak pernah dicuci penantu. Aku suka menyetrika kemeja di saat-saat jenuh, Setelah itu aku sering dapat ide bagus. Kalau kehabisan ide, cucilah piring. Berjalan-jalanlah jauh, Pandangi satu titik di dinding selama mungkin. Seperti kata seniman Maria Kalman, “Menghindari rutinitas kerja adalah kiatku berfokus.”

Nikmati saat-saat bersantai. Pergilah, Jalan-jalan, Siapa tahu kamu mendapatkan sesuatu.

Jangan Kehilangan Jatidiri

“Kamu tak bisa menghubungkan titik dengan melihat ke depan, hanya bisa dengan menengok ke belakang.” – Steve Jobs

      Bisa ada dua atau tiga hal yang kamu minati, Jangan merasa harus memilih jangan ada yang dikesampingkan. Rawat semua minatmu selama hidup. Inilah yang kupelajari dari penulis drama Steven Tomlinson.



     Tomlinson menyatakan bahwa jika kamu menyukai hal yang bergam, tetaplah meluangkan waktu untuk itu. Biarkan semua itu terhubung, Siapa tahu muncul ide baru.

      Intinya, Kamu bisa meninggalkan beberapa hal yang menarik bagimu dan berfokus pada satu minat saja. Namun suatu saat, kamu akan mengalami kebosanan.

      Semasa remaja, aku terobsesi menulis lagu dan jadi personel band. Namun kemudian, kuputuskan berfokus pada menulis sehinggal separuh dekade aku nyaris tak pernah main alat musik. Dan kejenuhan pun menyerangku.

     Sekitar setahun lalu, aku mulai main band lagi, Sekarang aku merasa utuh. Serunya , musik tidak membuatku lupa menulis, malah berinteraksi dengan tulisanku dan memperbagusnya. Aku yakin saraf-saraf otakku terstimulus untuk mengaitkan musik dan tulisanku. Kira-kira lima puluh persen rekan kerjaku adalah musisi (Ini lazim di Austin, Texas) dan tidak sepenuhnya bekerja di dunia kreatif-banyak yang merangkap account excecutive, developer, dan semacam itu. Namun, pendapat mereka sema. Musik menyemangati kerja mereka.

      Punya hobi itu penting sekali. Hobi adalah kegiatan kreatif untuk diri sendiri, bukan demi uang atau popularitas, kamu melakukannya hanya karena suka, Hobi itu memberi, tak pernah menuntut. Karya seniku untuk dipertunjukkan ke dunia, tetapi muskku hanya untuk aku dan teman-teman. Kami berkumpul tiap Sabtu dan membuat kegaduhan selama beberapa jam. Tak ada tekannan, tak ada rencana. Sungguh menyenangkan!

      Jangan kehilangan jati diri. Tak perlu bersikeras merancang skema dan menyatukan karyamu. Jangan hiraukan keterkaitan, yang menghubungkan karyamu adalah pembuatnya. Suatu hari nanti, kamu akan menengok ke belakang dan memahaminya.



Sumber Buku:
Steal Like An Artist

Penulis:
Austin Kleon



Share this:

CONVERSATION

2 comments:

  1. Wah bagus banget itu bukunya. Isinya penuh inspirasi banget dan sesuai kayanya. Makasih loh infonya=))
    *brb ke toko buku*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukunya ngerasa "Gue banget" emang.

      Btw itu beneran langsung jadi beli bukunya? ada rekomendasi lain sebenernya, masih dai Austin Kleon, judulnya 'Show Your Work' itu lebih gokil deh!

      Hapus

Makasih banyak yang udah mau komen (≧◡≦)